MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES PADA SISWA KELAS VIII MTs NW PRINGGASELA

Neni Suryanirmala

Abstract


Abstrak – Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom actionresearch) bertujuan 1). Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman menggunakan pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas VIII MTs NW Pringgasela. Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara penggunaan pendekatan keterampilan proses dengan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VIII MTs NW Pringgasela.

            Penelitian ini dirancang khusus untuk diteliti dimana sebelum diadakan penelitian terlebih dahulu diadakan observasi lapangan untuk mengetahui keadaan serta kemungkinan-kemungkinan yang akan diamati. Kemudian dari observasi yang dilakukan dapat ditentukan bahwa akan diambil satu kelas sebagai sample penelitian. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi dan refleksi. Untuk mengumpulkan data aktivitas belajar siswa dan guru digunakan lembar observasi, sedangkan data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes.

Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan pada siklus I rata-rata ketuntasan belajar siswa mencapai 57,89% dengan rata-rata 60 dan pada siklus II mengalami peningkatan yang cukup signifikan yaitu 88,89% dengan rata-rata 71,11. Hal ini berarti pembelajaran dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 31,00%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan keterampilan proses telah terbukti secara signifikan dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada siswa kelas VIII MTs NW Pringgasela.

Kata kunci:  Kemampuan membaca pemahaman, pendekatan keterampilan proses


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajri, Em Zul, dan Ratu Aprilia Senja. 2006. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Difa Publisher.

Harjasujana, dkk. 1997. Membaca 2. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP D-III.

Irfan, M. 2008. Belajar dan Pembelajaran. Selong. STKIP Hamzanwadi Selong.

Lutfiyadi. 2008. Pendekatan Keterampialan Proses. Jember: Universitas Jember.

Rahim, Farida. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahmawati, Yuni. 2010. Pengertian Membaca, Keterampilan Mekanis dan Keterampilan Pemahaman. Bojonegoro: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan Persatuan Guru Indonesia.

Ridwan. 2004. Statistika Untuk Lembaga dan Instansi pemerintah/Swasta .Bandung: Alfabeta Bandung.

Syafi’ie, Imam, dkk. 1997. Pendekatan Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Bagian Proyek Penataran Guru SLTP D-III.

Tarigan, Henry Guntur. 2008.Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Widiastra, Made. 2010. “Meningkatkan kemampuan menulis wacana narasi dengan menggunakan media gambar pada siswa kelas V SDN 3 Senaru Tahun Pelajaran 2009/2010”. Skripsi 2010.




DOI: https://doi.org/10.35200/solid.v9i1.314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Solid

Jalan Kampus Universitas Teknologi Mataram Kekalik Jaya Kota Mataram Prov. NTB - 83126
Telp:082 339 778 340

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Statistic Pengunjung