IMPLEMENTASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA APRIORI PADA TRANSAKSI PENJUALAN PRODUK (Studi kasus Toko Kanaya Rooftop Garden)

Tri Mukti Wibowo, Cut Maisyarah Karyati

Abstract

Toko Kanaya Rooftop Garden merupakan sebuah usaha milik perseorangan yang menyediakan segala kebutuhan hewan seperti makanan, vitamin, obat-obatan dan perlengkapan lainnya khususnya untuk hewan kucing dan kelinci. Seiring dengan bertambah banyaknya data transaksi penjualan produk dari waktu ke waktu maka akan sangat disayangkan jika data tersebut hanya dijadikan sebagai arsip semata dan dibiarkan begitu saja, padahal bisa saja data-data tersebut dianalisis dan diolah sehingga akan menghasilkan informasi yang sangat berharga yang dapat berguna untuk mendukung keputusan atau membantu dalam menentukan strategi pemasaran. Pada penelitian kali ini, peneliti menganalisa data transaksi penjualan dengan mengimplementasikan algoritma Apriori dan menggunakan software Tanagra sebagai aplikasi pendukung. Data yang dipakai adalah data transaksi penjualan toko Kanaya Rooftop Garden periode 3 bulan, yakni bulan April, Mei, dan Juni 2021 yang nantinya data-data tersebut akan dianalisis sehingga menghasilkan pola suatu kombinasi item.
Hasil dari analisa data transaksi menggunakan algoritma apriori berupa kombinasi item atau itemset dengan nilai assosiasi berupa nilai support dan confidence. Dengan adanya hasil dari penelitian ini, yaitu yang berupa asosiasi rule maka dapat diketahui keterkaitan antar produk atau item sehingga berguna untuk membantu owner mengambil keputusan dalam menentukan strategi pemasaran.

Kata Kunci: data mining, algoritma apriori, support, confidence

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.