IMPLEMENTASI APLIKASI USER MANAGER MIKROTIK BERBASIS WEB PADA SMA NEGERI 7 MATARAM

Moh. Subli

Abstract

Permasalahan yang sering dialami dalam jaringan hotspot adalah jaringan lambat dan sinyal lemah. Permasalahan ini diakibatkan karena belum adanya user manager yang mengatur bandwidth dan jumlah user yang ada. Permasalahan ini sering diselesaikan dengan cara melakukan perbaikan sederhana dan melakukan konfigurasi ulang setiap terjadi masalah. Namun, pada jaringan hotspot yang sudah kompleks, pengkonfigrasian yang ulang akan memakan waktu yang lama serta menghabiskan banyak biaya. Oleh karena itu, sebuah jaringan hotspot memerlukan aplikasi user manager untuk memanajemen bandwidth dan manajemen user, sehingga dapat mengatur lalu lintas data dengan cepat dan efisien.  Dalam penelitian ini, peneliti membuat implementasi aplikasi user manager mikrotik berbasis web untuk memanejemen bandwith dan user. Implementasi aplikasi user manager mikrotik berbasis web dibuat untuk mempermudah dalam pengaturan jaringan hotspot yang sebelumnya hanya bisa dilakukan lewat winbox saja, tentunya ini dilakukan untuk memaksimalkan bandwidth yang ada, mengatur jumlah user, dan batas waktu akses. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa penambahan aplikasi user manager dapat mengatur lalu lintas data atau pertukaran data menjadi lebih baik dan pemakaiannya lebih optimal.

Full Text:

PDF

References

Hidayatul, dkk. 2014. Pemrograman Web. Bandung

Medi Suharto. 2012. Pembuatan Website Sekolah Menegah Pertama Negeri 3 Delanggu dengan Menggunakan PHP dan MySQL. Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi – Volume 4 No 1.

Mikrotik, “Tentang Mikrotik”, https://id.wikipedia.org/wiki/MikroTik

Mikrotik, ”Integrasi Hotspot dengan aplikasi User Manager” , http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=46

Muhammad, M. & Hasan, I. 2016. Analisa dan Pengamanan Jaringan Wireless Berbasis Mikrotik Router os v.5.20 di Sekolah Dasar Negeri 24 Palu. Elektronik Sistem Informasi dan Komputer, 2: 12-13.

Prakoso, S. 2005. Jaringan Komputer Linux, Andi. Yogyakarta

S. Mulyatna, Edi. 2005. Pengenalan Protokol Jaringan Wireless Komputer, Andi.Yogyakarta

Sugiyanto. 2013. Pembuatan Website Profile SMK Pembangunan Nusantara. Gabus Gogoban. Vol 2 No 1

Stalling, William. 2002. Komunikasi Data dan Jaringan Komputer, Salemba Teknika. Jakarta

Towidjojo. 2013. Mikrotik Kung Fu : Kitab 2, Jasakom. Jakarta

Yakub. 2012. Pengantar Informasi. Yogyakarta

Refbacks

  • There are currently no refbacks.