PERANCANGAN AUGMENTED REALITY UNTUK PEMBELAJARAN PATAH TULANG

Ika Asti Astuti, Aditya Prabowo, Arya Armansyah, Arief Prayoga Buana Azi, Fajar Dwi Insani

Abstract

Pengenalan struktur tulang dan patah tulang sangat penting khususnya dalam bidang kedokteran. Media penunjang yang digunakan sebagai pengenalan struktur tulang dan patah tulang pada umumnya berupa buku, gambar, dan alat peraga. Namun, terdapat kelemahan dari media penunjang yang digunakan tersebut yaitu kurang adanya interaktifitas terutama dalam mempelajari patah tulang pada manusia. Augmented Reality menjadi salah satu cara yang dapat digunakan untuk menghasilkan pembelajaran yang memiliki interaktifitas tinggi dan mendalam. Maka dari itu, penelitian ini akan membahas tentang analisis dan perancangan augmented reality untuk pembelajaran mengenai patah tulang pada manusia. Analisis dan perancangan pada penelitian ini berupa analisis kebutuhan fungsional dan non fungsional, perancangan use case diagram, activity diagram, sequence diagram, class diagram, serta rancangan interface augmented reality. Hasil akhir dari penelitian ini berupa dokumen analisis dan perancangan yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi augmented reality untuk pembelajaran mengenai patah tulang pada manusia.

Kata kunci:  UML design, human fractures, augmented reality

References

Buana, R. Upaya Pencegahan Osteoporosis Pada Wanita Usia Produktif (20-45 Tahun) Di Poli Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik Medan. Upaya Pencegahan Osteoporosis Pada Wanita Usia Produktif (20-45 Tahun) Di Poli Penyakit Dalam Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik Medan.

Sagaran, V. C., Manjas, M., & Rasyid, R. (2018). Distribusi Fraktur Femur Yang Dirawat Di Rumah Sakit Dr. M. Djamil, Padang (2010-2012). Jurnal Kesehatan Andalas, 6(3), 586-589.

NUHLIN, M. (2015). ASUHAN KEPERAWATAN PADA Tn. S DENGAN FRAKTUR DIGITI 3 MANUS DI RUANG DAHLIA RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BANYUMAS (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO)

PRATIWI, D. R., & HUSADA, S. T. I. K. K. PEMBERIAN TERAPI MUSIK KLASIK TERHADAP PENURUNAN KECEMASAN PADA ASUHAN KEPERAWATAN Ny. S DENGAN FRAKTUR FEMUR SINISTRA 1/3 DISTAL DAN FRAKTUR RADIUS ULNA DEKSTRA 1/3 TENGAH DI RUANG MAWAR.

Wardani, S. (2015). Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) untuk Pengenalan Aksara Jawa pada Anak. Jurnal Dinamika Informatika, 5(1).

Syahrin, A., Meyti, E., Prasetyaningsih, S., & Batam, N. ANALISIS DAN IMPLEMENTASI METODE MARKER BASED TRACKING PADA AUGMENTED REALITY PEMBELAJARAN BUAH-BUAHAN.

Vitono, H., Nasution, H., & Anra, H. (2016). Implementasi Markerless Augmented Reality Sebagai Media Informasi Koleksi Museum Berbasis Android (Studi Kasus: Museum Kalimantan Barat). Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi (JustIN), 4(2), 239-245.

Moleong, L. J. (1999). Metodologi penelitian. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Arruum, D. Aplikasi Terapi Murottal Dalam Asuhan Keperawatan Pasien Pre Operasi Fraktur Dengan Kecemasan di Ruang Rindu B3 RSUP. HAM Medan. Aplikasi Terapi Murottal Dalam Asuhan Keperawatan Pasien Pre Operasi Fraktur Dengan Kecemasan di Ruang Rindu B3 RSUP. HAM Medan.

Al Fatta, H. (2007). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk keunggulan bersaing perusahaan dan organisasi modern. Penerbit Andi.

Dharwiyanti, S., & Wahono, R. S. (2003). Pengantar Unified Modeling Language (UML). Ilmu Komputer, 1-13.

Sudapet, I. N., Sukoco, A., & Setiawan, M. I. (2017). Model Integrasi Ekonomi Maritim Dan Pariwisata Di Daerah Guna Peningkatan Ekonomi Indonesia Timur. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 9(1), 148-160.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.