Perancangan Aplikasi “E-News” Berbasis Android Dan Web (Studi Kasus Rri Stasiun Padang)

Rini - Sovia, Musli Yanto, Julsapargi Nursam

Abstract

Abstrak - Tuntutan perkembangan informasi yang begitu cepat dan mudah akhirnya membawa kehidupan manusia ke zaman yang lebih maju dan modern, dikarenakan kebutuhan informasi yang semakin tinggi. Salah satu perkembangan teknologi  tersebut adalah aplikasi android. Dengan perkembangan aplikasi android tersebut, masyarakat banyak merasakan mudahnya dalam mendapatkan informasi. Salah satu bentuk aplikasi android yang berkembang saat sekarang ini seperti aplikasi E-News. Aplikasi E-News bertujuan untuk dijadikan media pendukung dalam mencari dan menemukan informasi yang berkembang di lingkungan masyarakat. Bentuk informasi yang nantinya akan disajikan pada aplikasi E-News ini adalah informasi yang bersumber dari RRI Stasiun Padang dirubah ke dalam bentuk penyajian sebuah teks dan gambar. Perancangan aplikasi E-News ini menggunakan bahasa pemrograman Java dan Android Studio sebagai Integrated Development Environment (IDE) dengan memuat beberapa informasi yang akan disajikan. Kemudian untuk pembangunan dataserver penyimpanan akan dirancang dengan pemrograman PHP dan MySQL. Hasil dari aplikasi E-News pada akhirnya juga akan dilengkapi dengan pengkategorian tampilan bentuk berita dengan menyesuaikan jadwal dari RRI Stasiun Padang. Manfaat yang akan dirasakan pada hasil dari aplikasi E-News akan dapat membantu pihak RRI Stasiun Padang dalam menyajikan berita kepada masyarakat.

 

Kata Kunci : E-News, Java, Android, PHP, MySQL

Full Text:

PDF

References

Abdurahman, Hasan, and Asep Ririh Riswaya. "Aplikasi Pinjaman Pembayaran Secara Kredit Pada Bank Yudha Bhakti."Jurnal Computech & Bisnis 8.2 (2014): 61-69.

Darminto, Eko Praseptio, and Syahriani Syahriani. "PERANCANGAN APLIKASI PORTAL BERITA E-NEWS UPDATE BERBASIS MOBILE."Seminar Nasional Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Komputer. Vol. 2. No. 1. 2014.

Ernawati, Sari, Arie Ardiyanti, and Erwin Budi Setiawan. "Klusterisasi Dokumen Berita berbahasa Indonesia Menggunakan Document Index Graph."Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI). 2009.

Fathansyah, Basis Data. "Bandung."Informatika (2012).

Gata, Windu, and Grace Gata. "Sukses Membangun Aplikasi Penjualan dengan Java."Jakarta: Elex Media Komputindo (2013).

Hadi, Ido Prijana. "Perkembangan teknologi komunikasi dalam era jurnalistik modern."Scriptura 3.1 (2010): 69-84.

Juansyah, Andi. "Pembangunan Aplikasi Child Tracker Berbasis Assisted-Global Positioning System (A-GPS) Dengan Platform Android." (2016).

Kadir, Abdul. “Teori dan Aplikasi Struktur Data Menggunakan Java.” Yogyakarta: Andi Publisher (2014).

Muslihudin, Muhamad, Oktafianto, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Menggunakan Model Terstruktural dan UML, Yogyakarta: Andi Publisher.

Nugroho, Adi. Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek dengan Metode USDP. Penerbit Andi, 2010.

Ramadhani, Syaifudin, Urifatun Anis, and Siti Tazkiyatul Masruro. "Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Layanan Kesehatan Di Kecamatan Lamongan Dengan PHP MySQL."Jurnal Teknika 5.2 (2013): 2085-0859.

Rosa, Ariani Sukamto, and Muhammad Shalahuddin. "Rekayasa perangkat lunak terstruktur dan berorientasi objek."Bandung: Informatika (2013).

Sulistyorini, Prastuti. "Pemodelan Visual dengan Menggunakan UML dan Rational Rose."Dinamik-Jurnal Teknologi Informasi 14.1 (2009).

Safaat, Nazruddin. "Rancang Bangun Aplikasi Multiplatform."Bandung, Indonesia: Informatika Bandung (2015).

Sugiarti, Yuni. "Analisis dan Perancangan UML (Unified Modeling language."Generated VB 6 (2013).

SafaatH., Nazruddin, 2015, AndroidPemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android, Bandung: Informatika Bandung.

Sinsuw, Alicia, and Xaverius Najoan. "Prototipe Aplikasi Sistem Informasi Akademik Pada Perangkat Android."E-journal Teknik Elektro dan Komputer2.5 (2013): 21-30.

Siahaan, Daniel. "Analisa kebutuhan dalam rekayasa perangkat lunak."Yogyakarta: Penerbit Andi (2012).

Utama, Yadi. "Sistem Informasi Berbasis Web Jurusan Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Sriwijaya."Jurnal Sistem Informasi 3.2 (2014).

Ula, Aristra Risqunal. "Manajemen Redaksi Riauterkini. Com Dalam Menghadapi Persaingan Media Online di Riau."Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 2.1 (2015): 1-15.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.