MEMBANGUN JARINGAN INTERNET BERBASIS LOCAL AREA NETWORK DAN HOTSPOT WiFi PADA SMA NEGERI 1 LABUAPI

Fadhillah Hasbi Ilyas, Lalu Delsi Samsumar

Abstract

Perkembangan jaringan komputer saat ini sangat pesat dan populer, sehingga jaringan komputer sering digunakan untuk berhubungan dalam suatu gedung, kantor, rumah,warnet bahkan antar gedung. Dengan menggunakan berbagai topologi yang ada, bisa diterapkan untuk  membangun   instalasi   jaringan,   membuat   jaringan komputer begitu lengkap sebagai suatu mekanisme dari jaringan. Namun jaringan komputer itu sendiri terbatas pada satu daerah, di mana jaringan itu berada sehingga terkadang terdapat suatu jaringan yang amat sangat luas atau sebaliknya jaringan yang sangat kecil, sehingga dibutuhkan suatu alat untuk mengatur lalu lintas data antar jaringan tersebut. Komputer-komputer yang dilengkapi dengan sarana pendukung jaringan Local Area Network (LAN) pada suatu instansi, memberikan kemudahan bagi para pegawainya dalam beraktivitas kerja yang menuntut efisiensi dan efektifitas dalam segala hal dengan memanfaatkan jaringan Local Area Network (LAN). Sharing data yang pada masa lalu sangat merepotkan dan memakan banyak waktu, sekarang semua itumenjadi cepat dan tepat, sehingga kinerja para pegawai pun semakin meningkat dan maksimal. Disamping hal tersebut, media wireless merupakan media yang paling banyak digunakan dalam komunikasi saat ini. Wireless Local Area Network (WLAN) dalam buku CISCO CCNP dan Jaringan Komputer dijelaskan bahwa WLAN berfungsi untuk menjangkau wilayah LAN yang sulit dicapai dengan kabel dan juga untuk menjangkau pengguna bergerak (mobile user). Kelebihan teknologi ini adalah mengeliminasi penggunaan kabel, yang bisa cukup mengganggu secara estetika, dan juga kerumitan instalasi untuk menghubungkan lebih dari dua komputer bersamaan. Dalam komunikasi wireless terdapat kelebihan yaitu mobilitas yang tinggi namun juga memiliki kelemahan, yaitu kemungkinan interferensi terhadap sesama hubungan nirkabel pada komputer lainnya. Dari dinamika tersebut, maka SMAN 1 Labuapi membutuhkan sebuah jaringan komputer yang mampu memberikan kemudahan dalam akses data dan informasi yang nantinya akan digunakan oleh para guru dan siswa sebagai sarana untuk tata kelola administrasi dan proses belajar mengajar.

Full Text:

PDF

References

MADCOMS. 2015. Panduan lengkap membangun sendiri system jaringan komputer.Yogyakarta : Penerbit Andi. Nugroho, Bunafit. 2005. Instalasi & konfogurasi jaringan windows & linux. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Ramadhan, Dian Saiful. 2013. Perancangan jaringan lan pada gedung perkantoran dengan menggunakan cisco packet tracer, cisco packet tracer. 101:100-104.

Setianto, Eko H. 2007. Mari mengenal jaringan komputer. Yogyakarta :Penerbit Andi.

Sofana, Iwan. 2013. Membangun jaringan komputer mudah membuat jaringan komputer (wire & Wireless) untuk pengguna windows dan linux. Bandung : Informatika Bandung.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.