Sistem Pakar Progeria Di Indonesia Dengan Menggunakan Metoda Certainty Factor

Yogi Wiyandra, Firna Yenila, Hari Marfalino

Abstract

Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai progeria. Progeria adalah sejenis penyakit langka yang diderita oleh sebagian orang pada umumnya dan ini merupakan salah satu penyakit penuaan prematur  yang bisa dialami semenjak didalam kandungan,bayi atau bahkan remaja. Tidak banyak dari masyarakat yang memahami progeria, keterbatasan pengetahuan itu membuat penyakit ini terkesan terbiarkan hingga tidak ada penanganan sama sekali. Untuk itu dirancang sebuah sistem berbasis pengetahuan dari pakar yang merupakan dokter spesialis anak dan genetik. Kondisi fisik penderita progeria mengalami lompatan usia hingga 8 kali dari orang normal. Penderita Progeria pada umumnya baru disadari ketika melihat kondisi fisik anak tersebut setelah berumur setahun dengan gejala-gejala tertentu. Mengantisipasi hal yang demikian dibuatlah sebuah sistem yang mampu memberikan informasi kepada masyarakat seputar progeria. Sistem yang dibangun adalah sistem pakar dengan menggunakan metoda faktor kepastian (certainty factor). Sistem ini mampu memberikan informasi kepada user mengenai progeria dan bisa memberikan informasi kemungkinan user terkena progeria atau tidak dalam bentuk persentase.

 

Kata kunci:  Pirogeria, Sistem Pakar, Certainty Factor, Penyakit Langka

Full Text:

PDF

References

Asabere, Yaw, Nana (2012), “Integration Of Expert System In Mobile Learning”, ICT Journal, Ghana.

Bambang Yuwono, Simon Pulung Nugroho, Herlyanto, 2015. Pengembangan Model Public Monitoring System menggunakan Raspberry Pi. Jurnal Telematika ISSN 1829-667X Vol. 12 No. 02.

Fitriani, dkk (2012), “Sistem Pakar Pada Bidang Teknologi Informasi Rekomendasi Profesi Pekerjaan Berdasarkan Kepribadian Mengguanakan Pendekatan Personality Factor”, Universitas Brawijaya, Malang.

Gupta, Swati dan singhal, Ritika (2013). “Fundamental and Charasteristics Of an Expert System”. Shobhit University: India.

Hartati, Sri dan Iswanti, Sari (2008). “ImplementasiSistem Rule-Based Expert System Dalam Mendeteksi Kerusakan Jaringan Komputer Dengan Metode Backward Chaining Penanggulangannya”. Jurnal Saintikom:Medan.

Kusrini (2006).“Sistem Pakar Teori Dan aplikasi”. Andi Offset: Yogyakarta.

Kusumadewi, Sri (2003).”Artificial Intelligence (Teknik dan aplikasinya)”. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Muniah, Y., Rozlini, M., dan Siti Mariam, Y., 2012, Design and Rules Development of Expert System for Diagnosing Oyster Mushroom Diseases, International Conference on Computer & Information Science (ICCIS), 12- 14 Juni 2012, 286-289.

Rohman dan Fauziah (2008), “Rancang Bangun Aplikasi Sistem Pakar Untuk Menentukan Jenis Gangguan Perkembangan Pada Anak”, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Sasmito, dkk (2011). “Aplication Expert System Of Forward Chaining and The Rule Base Reasoning For Simulation Diagnose Pest Disease Red Onion and Chili Plant”. ICISBC : Semarang.

Suyanto (2011). “Kecerdasan Buatan”. Andi: Yogyakarta.

Wahid, Abdul (2009), “Tuntunan Lengkap Metode Diet Cepsleng”, Garailmu, Yogyakarta.

Wiyandra, Yogi dan Yenila, Firna, 2018, Sistem Pakar Penentuan Kualitas Kendaraan Bekas Pada Basoka motor dengan menggunakan metode forward Chaining, KOMTEKINFO, 26-07-2018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.