Penerapan SIPI (Sistem Informasi Pendaftaran IGD) pada UPTD Puskesmas Senaru

Makmun Baihaki, Bahtiar Imran, Erfan Wahyudi

Abstract

Untuk pendaftaran IGD dan pelaporan pada puskesmas senaru masih bersifat manual sehingga kemungkinan terjadinya kesalahan sangat besar, untuk itu puskesmas senaru membutuhkan sebuah sistem yang dapat meminimalisir terjadinya kesalahan tersebut. Pada penelitian ini, diusulkan penerapan SIPI (Sistem Informasi Pendaftaran IGD) dalam mengatasi permasalahan yang ada pada puskesmas senaru. Aplikasi SIPI di buat menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sedangkan untuk metode pengembangan aplikasi menggunakan metode waterfall. Dengan adanya aplikasi SIPI (Sistem Informasi Pendaftaran IGD) ini dapat membantu puskesmas senaru dalam melakukan pengolahan data pasien, transaksi pendaftaran IGD, dan pelaporan.

Full Text:

PDF

References

Suandari J, 2016. Sistem Informasi Pelayanan Puskesmas Berbasis Web. IJSE – Indonesian Journal on Software Engineering. Vol. 2 No. 1.

Wibisono, Setyawan dan Siti Munawaroh, 2012. Sistem Informasi Puskesmas (Simpuskesmas berbasis Cloud Computing. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. Vol 17 No. 2.

Harsono A, 2015. Analisis Implementasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit Umum Daerah (SIM-RSUD) Terintegrasi Di Provinsi Kalimantan Barat. Eksplora Informatika. Vol. 5 No.1.

Astuti S W, Arso S P, Fatmasari E Y, 2017. Analisis Proses Perencanaan dan Evaluasi Pelaksanaan Standar Pelayanan Minimal Instalasi Gawat Darurat di RSUD DR.R.Soetijono Blora. Jurnal Kesehatan Masyarakat. Vol. 5. No. 4.

Ainiyah N, Ahsan, Fathoni M, 2015. Analisis Faktor Pelaksanaan Triage di Instalasi Gawat Darurat. Jurnal Ners. Vol. 10. No. 1.

Haryadi D, Solikhah, 2013. Evaluasi Sistem Informasi Pendaftaran Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum PKU Muhammadiyah Bantul. Kesmas. Vol. 7. No. 2.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.