Metode Algoritma SIFT dan Histogram Color RGB Untuk Analisis Manipulasi Copy-Move pada Citra Digital

Muhamad Masjun Efendi, Rosidin Rosidin, Erfan Wahyudi

Abstract

Dengan kecanggihan teknologi sekarang ini menyebabkan citra digital dengan mudah dapat  dimanipulasi. Manipulasi gambar dilakukan dengan cara menambahkan atau menghapus beberapa elemen dari gambar yang menghasilkan sejumlah pemalsuan citra yang tidak dapat diperhatikan oleh mata manusia. Hal  ini juga didukung dengan tersedianya software editing gambar yang mudah digunkan, sehingga semua orang bisa melakukan manipulasi citra. Pemalsuan citra copy-move adalah jenis pemalsuan citra yang paling umum digunakan karena tekniknya yang mudah dilakukan oleh banyak orang dengan cara bagian dari gambar itu sendiri disalin dan disisipkan ke bagian lain dari gambar yang sama.

Penerapan Algoritma SIFT (Scale Invariant feature tranform) dan histogram warna RGB pada Matlab dapat mendeteksi kecocokan objek pada citra digital dan melakukan pengujian secara akurat. Pada penelitian ini membahas tentang implementasi untuk mendapatkan kecocokan objek pada citra digital yang sudah dimanipulasi menggunakan metode Algoritma SIFT pada source Matlab, yaitu dengan membandingkan citra yang asli dengan citra yang sudah dimanipulasi. Kecocokan objek pada citra digital didapat dari banyaknya jumlah keypoint yang didapat, parameter tambahan lainnya yaitu membandingkan jumlah piksel pada citra yang dianalisa, serta perubahan histogram pada warna RGB pada masing-masing citra yang sudah dianalisa.

Full Text:

PDF

References

Pratama, A. R. 2014. Digital Evidence.

Lowe, D.G. 1999. Object Recognition from Local

Scale-Invariant Features, Canada, pp. 1,2,3.

Amtullah, S., & Koul, A. 2014. Passive Image Forensic Method to detect Copy Move Forgery in Digital Images, pp 96-104.

Sutoyo, T, dkk. 2009, “Teori Pengolahan Citra Digital”, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Putra, D. 2010, “Pengolahan Citra Digital”, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Wahyudi, Erfan & Riadi, Imam & Prayudi, Yudi. (2018). Virtual Machine Forensic Analysis And Recovery Method For Recovery And Analysis Digital Evidence. International Journal of Computer Science and Information Security,. 16.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.