Analisis Keaktifan Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Pada Peserta Didik Kelas V Sd It Hisnul Muslim

Baiq Astri Candra Wulan

Abstract


Studi ini direncanakan sebagai upaya untuk mengembangkan partisipasi aktif siswa melalui metode pembelajaran kooperatif bertajuk "Make a Match" pada siswa kelas V SD IT Hisnul Muslim dalam semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023. Partisipasi yang dirujuk dalam kegiatan ini mencakup keaktifan dalam aspek fisik serta mental. Studi ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan guru berperan sebagai fasilitator pembelajaran dan peneliti sebagai pengamat. Desain metodologi yang diadopsi adalah model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Kegiatan penelitian dilangsungkan pada bulan November 2022. Subjek terlibat dalam penelitian ini berjumlah 17 siswa kelas 5. Fokus utama dari penelitian ini terletak pada partisipasi aktif siswa. Teknik pengambilan data dilakukan melalui observasi langsung dan interaksi melalui wawancara. Data yang berhasil dikumpulkan dianalisa dengan menggunakan metode deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk tabulasi serta grafik. Hasil dari penelitian ini mengindikasikan adanya peningkatan dalam partisipasi aktif siswa. Pada siklus pertama tercatat persentase sebesar 74,30% atau kategori Baik, sementara pada siklus kedua terjadi kenaikan menjadi 81,17% kategori Sangat Baik, yang berarti terjadi peningkatan partisipasi sebesar 6,87%. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran kooperatif "Make a Match" pada pelajaran Bahasa Inggris efektif dalam membantu meningkatkan partisipasi belajar siswa kelas 5 SD IT Hisnul Muslim

References


Hidayati. (2002). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Program DIIPGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Huda, Miftahul. (2013). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. (2011). Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Izzaty, Rita Eka, dkk. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Yogyakarta: UNY Press

Suprijono, Agus. (2011). Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar




DOI: https://doi.org/10.35200/solid.v13i1.728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Solid

Jalan Kampus Universitas Teknologi Mataram Kekalik Jaya Kota Mataram Prov. NTB - 83126
Telp:082 339 778 340

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Statistic Pengunjung