PENGARUH KOMPETENSI TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. FEDERAL INTERNATIONAL FINANCE CABANG SELONG LOMBOK TIMUR

Syahruddin Syahruddin

Abstract


Penelitian bertujuan untuk Untuk mendiskripsikan kompetensi karyawan pada PT. Federal International Finance (FIF) Cabang Selong Lombok Timur serta upaya upaya apa yang telah dilakukan oleh perusahaan tersebut dalam rangka meningkatkan kompetensi hubungannya dengan kinerja karyawannya. Untuk mengetahui pengaruh kompetensi terhadap kinerja karyawan pada PT. Federal International Finance (FIF) Cabang Selong Lombok Timur. Untuk menganalisis dan mendiskripsikan adanya faktor yang menjadi pendukung dan penghambat guna meningkatkan kompetensi hubunggannya dengan kinerja karyawan agar perusahan dapat bersaing dan memberikan keuntungan yang optimal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (explanatory research). Mengingat populasi yaitu para karyawan pada perusahaan PT Federal International Finance (FIF) Cabang Selong Lombok Timur relatif terbatas  yaitu sebanayak 33 orang  dan masih dirasakan terjangkau oleh waktu, dana dan tenaga, maupun  kemampuan  dari  penelitian,  maka  jumlah  obyek  yang  diteliti  adalah keseluruhannya.

Hasil penelitian sebagai berikut : Kompetensi   seseorang dapat diraih dalam proses pendidikan dan pelatihan. Dalam penelitian ini hal hal yang diukur untuk menilai kompetensi meliputi : Sebagian besar pendidikan karyawan pada perusahaan PT Federal International  Finance  (FIF)  Cabang Selong  Lombok  Timur  merupakan tamatan SMA yautu sebanyak   24 orang (75,76 %), sisanya sarjana, SD dan SLP. Kesesuai pendidikan karyawan dengan pekerjaan Sebanyak 28 orang (84,85 %) yang cukup sesuai antara jenis pekerjaan dengan jenis pendidikannya ini. Pengetahuan terhadap tugas Bahwa sbagian besar yaitu sebanyak 25 orang (75,86 %) yang menyatakan tahu. akan pekerjaan yang dibebankan kepadanya, karena memang rata rata mereka mempunyai pengalaman kerja lebih 5 tahun dan sesuai dengan pendidikan yang dipunyainya.

Dari hasil analisis diperoleh “Ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi yang meliput tingkat pendidikan (X1 ), kesesuaian pendidikan dengan pekerjaan (X2  ) dan kedisplinan kerja (X3) baik secara bersama sama maupun secara terpisah mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja (Y). Selanjutnya dalam analisa tersebut ditemukan hasil determinasi R square = 0,485. Artinya sumbangan kompetensi terhadap kinerja karyawan  pada perusahaan  PT   Federal  International  Finance  (FIF)  Cabang  Selong Lombok Timur sebesar 48,5 %, sisanya sebesar 51,5 % disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti. Faktor pendukung dan penghambat guna meningkatkan kompetensi hubunggannya dengan kinerja karyawan agar perusahan dapat bersaing dan memberikan keuntungan yang optimal

 

Kata Kunci : Kompetensi dan Kinerja Karyawan


Full Text:

PDF

References


Alwi, Syafarudin, 2001. Manajemen Sumber Daya Manusia, Strategi Keunggulan Kompetitif, Edisi Pertama, Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Amstrong, Michael, 1988, Manajemen Sumber Daya Manusia , PT Elex Media Komputindo, Jakarta

Ekowidiono, 2001, Pengaruh Pemberian Motivasi Kerja terhadap Prestasi Kerja Karyawan (Studi Pada PT Sang Hyang Seri Kabupaten Nganjuk), Tesis pasca Sarjana Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Malang

Endah Setyowati, 1997, Karateristik Individu Dan Karateristuik Pekerjaan Sebagai Faktor Yang Membentuk Kemirmen Karyawan Pada Organisasi, Pengaruhnya Terhadap Prestasi Kerja, Suatu Kajian Terhadap Manager Menengah Pada Hotel Do Kodya Malang, Tesis, Pasca-Universitas Brawijaya Malang.

Gibson (1984) Dasar-Dasar Manajemen Modern, Edisi 3. Penerbit 3 Jurusan Manajemen FE. Unibraw, Malang

Hasdipoerwono, 1982. Tata Personalia (Personalia Management), Penerbit Djambatan, Bandung )

Hasibuan, Melayu S.P., 2001, Prospek Otonomi Daerah di Negara Republik Indonesia. Identifikasi Beberapa Faktor Yang Mempengaruhi Penyelenggaraannya. Cetakan Kelima, Raja Grapindo Persada, Jakarta

Indun, 1986, Motivasi dan Produktivitas Kerja, Pusat Pendidikan dan Latihan Kerja (Diklat) Karyawan Dedikbud, Bogor.

Lopez, Elza, 1982. A. Test Of Leadership: The Four Keys To Leading Succesfly, Macmillan Inc, New York.

Martoyo, Susilo, 1998, Manajemen Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.

M. Khusaini, 1998, Pemberian Kompensasi dan Pengaruhnya terhadap Kinerja Karyawan, Tesis-Pasca-Univ Brawijaya, Malang.

Najijullah, ……., Koperasi Organisasi Ekonomi Yang Berwatak Sosial, Bharatora, Ujung Pandang.

Notoatmodjo, 1998, Manajemen Personalia, Edisi II, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Netra, Ida Bagus, 1974, Metode Penelitian, Universitas Udayanan, Denpasar. Rintuh C. dan Miar, 2007 Kelembagaan dan Ekonomi Rakyat, Edisi Pertama, Fakultas Ekonomi Gajah Mada, Yogyakarta.

Robbins, S.P, 1996. Prinsip-Prinsip Prilaku Organisasi, Alih dan Aplikasi, Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa, Preshalindo, Jakarta.

Saydam, Gouzali 1996, Manajamen Sumber Daya Manusia, Fakultas Administrasi Universitas Brawijaya, Malang

Syarif, Rusli, 1987. Teknik Manajemen Latihan dan Pembangunan, Ghalia Indonesia, Jakarta.

Sherman dan Bohlander, (1992) Pengembangan Sumber Daya Manusia Pengaruhnya Terhadap Kinerja dan Imbalan, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang

S. Pamudji, 1997, Peningkatan Kedudukan dan Fungsi DPRD Dalam Sistim Pemerintahan Di Daerah, dalam Miriam Budiardjo dan Ibrahim Ambong, Banacapita, Bandung

Siagian SP. 1988. Administrasi Pembangunan. Cetakan kesepuluh. Jakarta: Gunung Agung

Agustina, F. I., Kembang, L. P., & Sekretari, A. (2019). PENGARUH TEMPAT DAN PROMOSI TERHADAP PERPINDAHAN MEREK PADA MATARAM MALL DI MATARAM. SOLID, 9(2).

Yansirus, E. S., Azmi, H. (2019).THE EFFECT OF DIVIDENDS PER SHARE ON STOCK PRICES AND FINANCIAL PERFORMANCE OF AUTOMOTIVE COMPANIES LISTED IN INDONESIA STOCK EXCHANGE FROM 2012 TO 2017.

Nugroho, B., Ahyat, M., Brahmasari, I. A. (2019). The Effect of Personal Characteristics, Local Culture, And Charismatic Leadership On Work Ethos, Organizational Commitments And Performance Of Village Apparatus In Lombok. International Journal of Business and Management Invention (IJBMI).

Sugiyono, 2001. Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta, Bandung

Wirawan, Budhy, 2002. Tesis Tentang Pengaruh Motivasi dan Kemampuan terhadap Kinerja (Suatu Studi Terhadap Para Penyuluh Pada Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Perkebunan di Kabupaten Probolinggo).

Ahmad 2012. Prosedur Penerbitan Surat Pajak. Laporan KTA ASM Mataram




DOI: https://doi.org/10.35200/solid.v10i1.383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Solid

Jalan Kampus Universitas Teknologi Mataram Kekalik Jaya Kota Mataram Prov. NTB - 83126
Telp:082 339 778 340

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Statistic Pengunjung