ANALISIS EFEKTIVITAS SISTEM INFORMASI PENGADAAN BARANG DAN JASA PADA PT. TELKOMSEL BRANCH MATARAM

Reny Wardiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas sistem informasi pengadaan barang dan jasa pada PT Telkomsel Branch Mataram. Metode yang digunakan adalah Deskriptif analitis. Sampel dalam penelitian ini ada dua yakni; (1) sebanyak 45 orang karyawan tetap pengguna system informasi (2) Struktur Organisasi, SOP, BAK, FPB, BAST, Invoice. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara; SOP Flowchart dan e-procurement. Teknik evaluasi data (system Informasi) yang digunakan adalah: (1) Mengidentifikasi tujuan sistem informasi tersebut; (2) Memilih ukuran yang digunakan; (3) Mengidentifikasikan sumber-sumber data; (4) Menentukan nilai ex ante sebagai ukuran; (5) Menentukan nilai ex post sebagai ukuran; (6) Mengidentifikasi dampak system. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sistem pengadaan yang berjalan sudah menggunakan sistem e-procurement dan telah sesuai dengan SOP. Dari perbandingan tersebut dapat diketahui bahwa pada PT.Telkomsel Branch Mataram menggunakan metode sistem tender. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya dokumentasi dari data BAK, FPB, BAST serta invoice yang menunjukan bahwa perusahaan ini menggunakan vendor dalam proses pengadaan barang dan jasa. Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa e-procurement yang ada pada PT. Telkomsel Branch Mataram telah berjalan dengan efektif. Hasil penelitian  ke (2) Dampak penggunaan sistem yang berjalan memberikan kemampuan melacak seberapa besar penyerapan budget yang telah dilakukan Branch Mataram, apakah telah sesuai target budget yang di anggarkan atau belum mencapai target.

Full Text:

PDF

References


Badrudin. 2015. Dasar-dasar Manajemen. Alfabeta. Bandung

Laudon, Kenneth C., and Jane P. Laudon. 2004. Management Information system: Managing The Digital Firm. Tenth Edition. New Jersey: Prentice Hall, Inc.

McLeod, Raymond Jr and George Schell. 2001. Management Information system. eight edition. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Mulyadi. 2016. Sistem Akuntansi. Yogyakarta: BPFE UGM.

Maslija, Noviani Iwai. 2016. Analisis Efektivitas Sistem Informasi Persediaan dan Pendistribusian Barang pada PT. Excelcomindo Pratama Tbk Cabang Medan.

Nanoka. Vondhy Prisviancho. 2014. Evaluasi Efektivitas Sistem Penjualan Servis Reguler Pada PT. ASTRA INTERNASIONAL - NISSAN DIESEL SALES OPERATION.

O’Brien, James. 2006. Management Information system: Managing Information Technology in The E-business Enterprise. Fifth edition. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.

Puschmann, Thomas. 2005. Successful Use of eProcurement in Supply Chains: The Information Management Group (IMG AG), St.Gallen.

Rahayu, Nurdin. 2015. Analisis Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Pada PT Bank Perkreditan Rakyat Syariah Puduarta Insani Tembung.

Sartono, Agus. 2010. Manajemen Keuangan, Yogyakarta : BPEE.

Setyawan, Joni. 1998. Pemeriksaan Kinerja. Edisi 1. Yogyakarta: BPFE Anggota IKAPI.

Swadesi, Utari (2017). Efektivitas Pengadaan Barang dan Jasa secara Elektronik (E-Procurement) pada LPSE Kota Pekan Baru. Jom Fisip Volume 4 No.2 Oktober 2017.

Tanesia, Randy Kristovandy (2015). StudiEfektivitas Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah Secara Tradisional dan Elektronik. JurnalTeknikSipil Volume 13. No.2, April 2015 136-145

Wahyuni. 2015. Analisis Penerapan Sistem Komputerisasi Dalam Pengolahan Data Persediaan pada PT. Pertamina. UPMS-1 Medan.

Weber, Ron. 1999. Information System Control and Audit. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Wulandari, Putri. 2016. Analisis Sistem Informasi Akuntansi Persediaan Secara Komputerisasi pada PT Amal tani.

http://barakbanten.com/berita-736-sistem-pengadaan-barang--jasa-bumn-perlu-dibenahi.html.

http://hasagabo.blogspot.com/2010/11/sistem-informasi-akuntansi-pengertian.html.

http://elista.akprind.ac.id/staff/catur/Sistem-Informasi-Akuntansi/01a-SIA%20dan%20teknologi%20informasi.pdf.

http://www.wisegeek.com/what-is-procurement.htm.




DOI: https://doi.org/10.35200/solid.v9i1.174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Jurnal Solid

Jalan Kampus Universitas Teknologi Mataram Kekalik Jaya Kota Mataram Prov. NTB - 83126
Telp:082 339 778 340

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Statistic Pengunjung