Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Asisten Laboratorium Dalam Mengampu Matakuliah Praktikum

Heroe Santoso

Abstract


Untuk mewujudkan visi dari Universitas Bumigora, maka mahasiswa dituntut untuk mampu memahami semua materi ajar yang diajarkan terutama pada matakuliah praktikum untuk diterapkan dikehidupan nyata sebagai solusi dari persoalan yang terjadi dikehidupan masyarakat. Untuk mendukung proses pembelajaran dalam kegiatan praktikum, maka diperlukan tenaga asisten praktikum yang benar-benar memahami bidang ilmu yang diasistensi tersebut. Sistem pengambil keputusan ini dilakukan dengan menggunakan metodologi waterfall. Pengambilan keputusan ini juga menggunakan metode Profile Matching yaitu dengan membandingkan profile jabatan dengan profile alternatif. Selanjutnya untuk lebih mempermudah penyebaran informasi, sistem ini juga berbasis Sms Gateway. Sehingga hasil keputusan juga bisa diketahui dengan mudah dan cepat oleh alternatif yang dalam hal ini adalah asisten laboratorium.    Hasil yang dicapai dalam penelitian ini yaitu terciptanya sebuah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan penilaian asisten laboratorium dalam mengampu matakuliah praktikum untuk bagian laboratorium yang dapat dilakukan secara online, Sehingga memudahkan bagian laboratorium dalam mengambil keputusan dengan maksimal.        Kesimpulan dari penelitian ini adalah sistem ini dapat diterapkan di Universitas Bumigora khususnya pada Bagian Laboratorium dalam melakukan penempatan asisten laboratorium


Keywords


Profile Matching, Sms Gateway, Online

References


Jogiyanto, 2005. Analisis dan Desain Sistem Informasi Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis. Yogyakarta. Andi Offset.

Khang, B.2002. Trik pemrograman aplikasi berbasis SMS, Jakarta: Elex Media Komputindo.Dewanto, 2007,“Aplikasi SMS Gateway dengan Koreksi Kesalahan Menggunakan FuzzyString Matching”, Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2007 (SNATI 2007),Yogyakarta 16 Juni 2007.

Kusrini, 2007. Konsep dan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Nurdiana. 2009. Kamus Digital (Inggris-Indonesia/Indonesia-Inggris) Berbasis SMS Gateway”, Prosiding Seminar Program Studi Ilmu Komputer,Universitas Pendidikan Indonesia.

Pressman, Roger S. 2002. “Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku Satu)”.Andi : Yogyakarta.

Yunianto. 2006. Info Linuk Buku Mini Membangun Aplikasi SMS Gateway di Linux. Jakarta. Dian Rakyat

Gunawan, K., & Rachman, A. S. (2019). Kinerja Metode Minimum Error Least Significant Bit Replacement Advanced Encryption Standard Pada Citra Digital. EXPLORE, 9(1), 36-42.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Heroe Santoso



Jurnal Teknologi, Rekaysa Sistem dan Komputer (JTReskom)

Program Studi Rekayasa Sistem Komputer, STMIK Mataram
Jalan Kampus STMIK-ASM Mataram Kekalik Jaya Kota Mataram, Prov NTB 83126
Telp. 0370-628418, HP: 087865653501 Site:  https://ojs.stmikmataram.ac.id/index.php/jtreskom

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.